Ngusaba Kedasa di Besakih

AMLAPURA, BALIPOST.com-Puncak karya Ngusaba Kedasa atau Ida Batara Turun Kabeh (IBTK) di Besakih, Karangasem dilaksanakan, Senin (14/4) bertepatan dengan Purnama Kedasa. Prosesi puncakkarya rencananya di-puput sejumlah sulinggih yang akan mapuja di Balai Gajah atau di Ayun Dewa.

balipost_pemedek-2

Selain itu, dua sulinggih juga muput di paselang. Sementara, sudah rutin pada saat pujawali termasuk saat puncak IBTK, berbagai sekaa kesenian ngaturang ayah menari tari wali seperti rejang dewa, topeng sidakarya dan wayang lemah diiringi gong dan selonding.

Usai punck karya, Ida Batara kaaturan malinggih atau nyejer di pesamuan selama 21 hari. Pratima Ida Batara baru kaaturan masineb Senin (5/5) sore. Sementara, di Pura Pasar Agung, Sebudi, Selat juga berlangsung karya Ida Batara Turun Kabeh.

Prawartaka karya yang juga Klian Desa Pakraman Besakih Wayan Gunatra mengatakan, agar tidak mengurangi sradha bakti para pamedek diharapkan mengikuti arahan panitia. Misalnya, soal mencari tempat parkir. Jika  petugas pengatur lalu lintas dan petugas parkir mengatakan, areal parker di bagian atas sudah penuh, hendaknya jangan memaksa masuk. Dengan begitu, diharapkan kemacetan saat puncak membludaknya pamedek tidak sampai menyebabkan kemacetan yang parah.(budana/balipost)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *